Mereview penelitian kesenian dan desain


Jurnal 1

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:hasil gambar arfial arsad

Pendekatan:semiotika

Analisis:dengan mencari jurnal dan melihat beberapa gambar 

Teori: signifier

 Kesimpulan:  

    Proses berkesenian Arfial Arsad Hakim yang panjang semenjak masih kecil, kegiatan melukis Arfial semakin sering tidak hanya dilakukan pada sekolah formal akan tetapi juga bergabung dengan seniman- seniman Medan salah satunya adalah Sanggar Sekar Gunung di Medan, yang didirikan oleh Heru Wiryono.

Berawal dari mereproduksi secara bertahap Arfial mulai menuangkan ekspresi pribadinya terhadap karya lukisnya. Arfial Arsad Hakim masuk seni rupa di ITB tahun 1972- 1978, belajar melukis dalam bimbingan Achmad Sadali, Srihadi, A.
D. Pirous.

Bentuk visual seni lukis karya Arfial Arsad Hakim mengalami penyederhanaan bentuk dan warna, dikaji menggunakan teori Weitz Morris

Garis pada karya seni lukis Arfial divisualkan lembut dan halus. Bentuk pada karya Arfial Arsad Hakim divisualisasikan dengan penyederhanaan bentuk dan divisualisasikan lebih simple. Tekstur pada karya Arfial Arsad Hakim dibuat dari pisau palet memberikan efek kuat dan kokoh. Warna pada karya seni lukis Arfial
Arsad Hakim divisualisasikan menggunakan warna yang dingin dan sejuk, cenderung menggunakan warna bernuansa biru, hijau, putih, meskipun ada karya baru sudah memasukkan warna kuning ke dalam karya lukisnya. Perspektif Arfial cenderung menggunakan perspektif mata burung, perspektif mata katak dan perspektif mata normal.

Arsad Hakim merupan pelukis yang produktif namun kurang kreatif dikarenakan

Arfial Arsad Hakim selalu menggunakan warna yang bernuansa sama




Jurnal 2

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:persepsi orang tentang seni rupa dari antardisiplin

Pendekatan:antar disiplin

Analisis:dengan mencari jurnal dan merangkum beberapa point 

Teori: signified

 Kesimpulan:  Pada saat sekarang terdapat kecenderungan baru di Indonesia dalam mengamati

fenomena seni dengan cara pendekatan antardisiplin dan multidisiplin yang

dilakukan dengan cara multimetode. Fenomena ini terjadi seiring dengan mencairnya

sekat-sekat antara keilmuan dan metode dalam berbagai kajian. Sehubungan dengan

standar penulisan skripsi di bidang seni, pendekatan antardisiplin dan multidisiplin

tersebut justru sangat menunjang bagi mahasiswa yang mengambil jalur akademik

atau jalur teori yang berisi berbagai kajian seni dengan berbagai pendekatan, dan

standar skripsi untuk mahasiswa jalur penciptaan atau jalur karya seni yang berisi

pelaporan penelitian tugas akhir atau proyek akhir. Pendekatan multimetode tersebut

dapat menjawab kebutuhan kompetensi mahasiswa menjadi tenaga profesional yang

mampu memberikan konstribusinya kepada berbagai bidang kehidupan, seperti di

bidang ekonomi, sosial, dan budaya.


Jurnal 3

Objek Kajian Seni Rupa dan Desain:kerajinan keramik jenny lee

Pendekatan:Semiotika

Analisis:dengan mencari jurnal dan merangkum beberapa point 

Teori:Signifier

 Kesimpulan:

Proses penciptaan konsep karya seni keramik Jenny Lee dilatarbelakangi oleh sesuatu yang muncul dari hasil pemikiran dirinya akan kematian dan kehidupan. Pengalaman yang paling membekas pada diri Jenny Lee adalah tentang kematian ayah tercinta serta kelahiran sang buah hati yang membawa Jenny Lee memaknai filosofi dari sebuah pohon. Jenny Lee meresapi dan menyadari bahwa dari dalam pohon yang telah mati akan memunculkan sebuah kehidupan baru. Oleh karena itu, dalam setiap karya keramiknya Jenny Lee selalu memadukannya dengan pohon ataupun batang kayu yang telah dipotong.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL PADA POSTER IKLAN “PIZZA HUT”

kajian selain kajian semiotika