ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL PADA POSTER IKLAN “PIZZA HUT”
Progam Studi desain Komunikasi Visual,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta
PGRI
JL.Nangka 58 C Tanjung Barat, Jakarta Selatan,
12530, Indonesia
Abstrak
Penelitian
ini di dasarkan pada poster iklan Pizza Hut Delivery Everywhere,pizza hut
merupakan suatu brand Pizza yang berasal dari Amerika. Dalam sebuah poster
sendiri terdapat bahasa visual yang mengandung makna di setiap unsur-unsur
grafisnya, inilah yang nantinya akan dianalisis. Komunikasi visual mempunyai
signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna Komunikasi visual
terutama iklan harus dibuat secara multi aspek dan multidimensi untuk
mendapatkan perhatian dan respons positif dari masyarakat. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis prinsip dasar, unsur visual, serta makna
yang terkandung dalam iklan Pizza Hut. Metode yang digunakan adalah kualitatif
deskriptif dengan pendekatan analisis semiotik. Penelitian menggunakan metode
kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian dan pendekatan kualitatif untuk
mengumpulkan data. Kemumdian peneliti menggunakan teori semiotika milik Ferdinand
De Sausseure untuk menganalisis satu per satu unsur grafis yang ada pada iklan
poster Pizza Hut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna iklan sesungguhnya
dalam iklan Teh Pucuk Harum ini yaitu menumbuhkan rasa alami dan mengembalikan
kesegaran diri setelah mengkonsumsi Pizza Hut.
Kata Kunci: Semiotik, De Sausseure, Iklan Poster
Pizza Hut Delivery Everywhere
Abstract
This
research is based on the Pizza Hut Delivery Everywhere advertising poster,
pizza hut is a pizza brand originating from America. In a poster itself there is
a visual language that contains meaning in every graphic element, this is what
will be analyzed later. Visual communication has significance in conveying a
concept, content or meaning. Visual communication, especially advertising, must
be made in multi-aspect and multidimensional ways to get attention and a
positive response from the public. The purpose of this study was to analyze the
basic principles, visual elements, and meanings contained in the Pizza Hut
advertisement. The method used is descriptive qualitative with semiotic
analysis approach. The study used qualitative methods to explain the research
results and qualitative approaches to collect data. Then the researcher used
Ferdinand De Sausseure's semiotic theory to analyze one by one the graphic
elements in the Pizza Hut poster ad. The results showed that the real meaning
of the advertisement in the Teh Pucuk Harum advertisement was to cultivate a
natural taste and restore freshness after consuming Pizza Hut.
Keywords: Semiotics, De Sausseure, Pizza Hut
Delivery Everywhere Poster Advertising
Pendahuluan
Media
adalah sarana yang membantu komunikator dalam menyampaikan informasi secara
efektif dan efesien. Media berarti segala macam alat perantara yang dapat
digunakan komunikator dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan.
Pada saat ini, berbagai macam media yang sudah banyak diketahui salah satunya
media iklan poster memiliki maksud pesan apa yang ingin disampaikan. Walaupun
tidak secara keseluruhan pesan yang disampaikan tertulis semua. Dalam iklan
poster biasanya menampilkan unsur grafis visual untuk mendukung iklan pesan
tersebut, agar menjadikan pesan tersebut melekat di benak para audience. Ini
merupakan strategi promosi yang dilakukan dari berbagai perusahaan dalam membuat
promosi. Dalam mendukung strategi perusahan pada iklan poster biasanya
penggunaan elemen visual dan penggunaan teks lah sebagai pendukung pesan. Media
berasal dari kata latin “medium” (tunggal) “media” (jamak) yang secara harfiah
berarti: pertengahan, tengah, pusat (K. Prent, 1969, p. 525). Dengan demikian
menyebut “media” sudah berarti jamak, tidak perlu media-media. Media promosi
pada zaman sekarang sudah banyak mengalami kemajuan yang signifikan hingga
bermacam-macam jenisnya dan perubahan gaya elemen visual yang digunakan, dengan
mengikuti zaman agar tidak tertinggal informasi dan data yang dijangkau mudah
oleh para konsumen. Karena itu media haruslah dapat mudah dijangkau serta
instan terkoneksi, agar memudahkan para khalayak memberikan respons langsung
dan juga agar dapat diingat dalam benak konsumen jika iklan tersebut menarik
perhatian.
Pizza Hut Inc. adalah
perusahaan restoran pizza terbesar di dunia baik dari segi jumlah gerai maupun
persentase pangsa pasar yang dimilikinya. Anak perusahaan PepsiCo, Inc.,
perusahaan ini mengawasi lebih dari 11.000 restoran pizza dan gerai pengiriman
di 90 negara di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 1997, perusahaan diharapkan
menjadi anak perusahaan dari Tricon Global Restaurants, Inc., yang dibentuk
dari spin-off kepemilikan restoran PepsiCo. Pizza Hut didirikan pada tahun 1958
oleh saudara Dan dan Frank Carney di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas.
Ketika seorang teman menyarankan untuk membuka kedai pizza--yang jarang
terjadi--mereka setuju bahwa ide itu terbukti berhasil, dan mereka meminjam
$600 dari ibu mereka untuk memulai bisnis dengan mitra John Bender. Menyewa
sebuah bangunan kecil di 503 South Bluff di pusat kota Wichita dan membeli
peralatan bekas untuk membuat pizza, Carneys and Bender membuka restoran Pizza
Hut pertama; pada malam pembukaan, mereka membagikan pizza untuk mendorong
minat masyarakat. Setahun kemudian, pada tahun 1959, Pizza Hut didirikan di
Kansas, dan Dick Hassur membuka unit waralaba pertama di Topeka, Kansas.
Pada awal 1960-an Pizza Hut
tumbuh dengan kekuatan pemasaran yang agresif dari ide restoran pizza. Pada
tahun 1962, saudara-saudara Carney membeli bunga yang dipegang oleh Bender, dan
Robert Chisholm bergabung dengan perusahaan sebagai bendahara. Pada tahun 1966,
ketika jumlah unit waralaba Pizza Hut telah berkembang menjadi 145, sebuah
kantor pusat didirikan untuk mengoordinasikan bisnis dari Wichita.
Dua tahun kemudian, waralaba Pizza
Hut pertama dibuka di Kanada. Hal ini diikuti dengan pembentukan International
Pizza Hut Franchise Holders Association (IPHFHA). Ini bertujuan untuk
mengakuisisi 40 persen dari operasi waralaba perusahaan, atau 120 toko, dan
menambahkannya ke enam gerai yang sepenuhnya dimiliki oleh Pizza Hut.
Dalam kasus ini, media ini sangat
efektif dan produktif untuk menyebarkan promosi tentang memperkenalkan produk
yang ingin disampaikan, dengan pemilihan poster ini juga mudah di akses di
ruang publik serta juga di berbagai media sosial, karena data disajikan dengan
kata-kata yang singkat dan padat namun jelas arti nya bertujuan menciptakan
respons yang cepat kepada konsumen. Oleh karena itu penulis tertarik membahas
mengenai iklan poster ini dengan penelitian ditinjau secara semiotika.
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda di dalam kehidupan
manusia dengan membaca tanda-tanda tersebut. Analisis semiotik berupaya
menemukan makna tanda termasuk hal-hal yang tersembunyi di balik sebuah tanda
(teks, iklan, berita). Karena sistem tanda sifatnya amat kontekstual dan
bergantung pada pengguna tanda tersebut. Pemikiran pengguna tanda merupakan
hasil pengaruh dari berbagai konstruksi sosial di mana pengguna tanda tersebut
berada (Kriyantono, 2006, p. 262). Berdasarkan penjelasan di atas, perlu ada
analisis akan desain ilustrasi, dari unsur tersebut bagaimana cara menciptakan
strategi promosi agar meningkatkan visibilitas yang diperhitungkan perusahaan
dan konsumen. Adapun tujuan penulis memilih media poster ini karena strategi
ini begitu populer dalam menjalankan promosi dari tiap-tiap perusahaan berbagai
macam industri, dibalik itu ada keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan
sejenis lainnya.
Metode Penelitian
Metode yang peneliti
gunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik dengan pendekatan metode
kualitatif deskriptif. Metode deskriptif yaitu mencari deskripsi yang tepat dan
cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia Metode pengumpulan data
dilakukan dengan mengamati dan menganalisis iklan poster dari salah satu Restoran
Pizza Hut agar mengetahui arti dibalik gambar dan kata atau kalimat pendukung
dalam iklan ini, kegunaan agar memudahkan memberikan gambaran dalam poster ini.
Analisis yang dihasilkan berupa kata–kata tertulis dari poster yang diteliti,
berisi data yang memberikan gambaran penyajian
berdasarkan dari data yang diperoleh dari pengamatan iklan poster Pizza Hut,
kemudian dari data tersebut dideskripsikan secara ilmiah.
Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian ini akan diuraikan
berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui proses membaca tanda-tanda
yang terdapat di dalam poster iklan Pizza Hut delivery everywhere ini. Pesan yang ditemukan dalam karya desain
komunikasi visual disosialisasikan kepada khalayak melalui tanda. secara garis
besar, dapat dilihat dari dua aspek, yaitu tanda verbal dan tanda visual, tanda
verbal adalah aspek bahasa, tema dan pengertian yang didapatka.sedangkan tanda
visual akan dilihat dari cara penggambaranya apakah secara ikonis, indeksial,
atau simbolis, dan bagai manacara mengungkapkan indiom estetinya.
Tanda-tanda yang dilihat dan
dibaca dari dua aspek secara terpisah, dan kemudian diklasifikasikan dicari
hubungan antara satu dengan yang lainnya. kemudian mendeskripsikan kedalam
suatu bentuk analisis yang tersistematis. Penelitian ini mengacu pada
identifikasi masalah penelitian yang sebelumnya dirumuskan dengan menggunakan
metode analisis semiotika yang merupakan bagian dari metode analisis data dalam
penelitian kualitatif. Analisis ini memfokuskan penelitian pada tanda-tanda
yang ada dalam poster majalah iklan Teh Pucuk Harum dengan menggunakan metode
analisis semiotika Ferdinand De Saussuere.
Pada pembahasan kali ini menggunakan
semiotika Charles Sanders Pierce berdasarkan klasifikasi Object yang terdiri
atas Icon (Ikon), Symbol (simbol), dan Index. Ikon, simbol, dan index pada
poster iklan the pucuk harum akan ditinjau dari segi warna, ilustrasi, dan
tipografi. Semiotika berasal dari bahasa Yunani ‘semeion’ yang berarti tanda.
Jadi Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign), berfungsi sebuah
tanda dan produksi makna.karena keberadaan desain komunikasi visual sangat
lekat dengan kehidupan kita seharihari. Karena suatu desain merupakan
representasi social budaya pada masyarakat. Berikut ini adalah klasifikasi
poster iklan Pizza Hut:
Konsep Poster
Poster iklan ini dideskripsikan terdapat Pizza yang di
bentuk seperti pesawat kertas yang dijadikan titik fokus poster ini, pemilihan
warna merah pada latar belakangnya di sini mampu merangsang indra fisik
meningkatkan rasa nafsu dan tindakan. Jika warna dihubungkan ke dalam dunia
desain, bagus atau tidaknya sebuah desain memang tergantung dari selera dan
persepsi masing-masing orang yang melihat. Namun yang pertama kali ditangkap
oleh mata manusia selain bentuk adalah warna. Pemilihan warna yang tepat dan
apabila digunakan mencakup tone dan maknanya yang sangat mempengaruhi penilaian
dan reaksi audience. Pada desain dalam Pizza yang berbentuk pesawat kertas terdapat
hiasan peperoni dan menambahkan beberapa
pencahayaan yang berbeda pada sekitar yang berada bagian pinggir poster yang memberikan kesan bahwa pizza itu ini baru
matang lebih nikmat dan cocok untuk di makan di acara dengan jumbah banyak ,
penggunaan konsep yang cukup minimalis dengan di balut logo dan tipografi yang
cukup modern yang mengambarkan pizza dari pizza hut itu tidak ketinggalan zaman
dan di belakang pizza ada gamban halus perkotaan yang menjelaskan banyak yang penikmat
dari pizza hut orang dari perkotaan dan lokasi yang sering untuk pemasarannya
di perkotaan.dan itu telah menunjukan betapa mengiurkannya pizza yang di
tampilkan dalm konsep yang simpel dan memanjakan mata.
Hasil analisis Berdasarkan Klasifikasi Objek
1. Ikon
Ikon adalah tanda yang mengandung
kemiripan rupa sehingga dapat dikenali oleh pembelinya. Prepsi manusia
berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan
ikon ini,ikon untuk ilustrasi pada poster iklam ini menampilkan pizza
yang berbentuk pesawat dengan topping keju dan pepperoni yang dijadikan sebagai
titik fokus pada poster.Yang mengambarkan betapa banyaknya cita rasa yang dalam
satu pizza. Jika bentuk pesawat pada pizza yang menjelaskan betapa simpelnya
penyajian tapi tidak mengurangi cita rasanya pa da pizza dan bisa diantara
kemana saja dan bisa di nikmati denganmemiliki cita rasa tinggi dan
berkualitas.dan diperjelas dengan kata “Deliver
Everywhere”.
2. Indeks
Indeks
adalah tanda yang berkaitan dengan hal hal kasual mewakili sumber acuan dengan
cara mengkaitkan secara implisit dan eksplisit .indeks warna pada poster iklan yang ini tidak
terlihat. indeks ilustrasi pada sampul ini adalah pizza yang pada poster pizza
hut yang memiliki bakian kosong yang cukup banyak agar terpudi sisi kanan dan
kiri sat di tengah poster dan menyusun
secara vertical sejajar dengan bentuk pizza dan tipografi pada iklan
yang betuliskan “Deliver Everywhere” dan
di bawahnya diberi logo pizza hut agar yabg melihat mengetahui produser pizza
yang diiklankan.
3. Simbol
Simbol adalah sebuah tanda , atau
sebuah kata , yang sering digunakan untuk saling mengenali dandengan arti yang sangat mudah
dipahami. Simbol yang muncul adalah yang terkait dengan tulisan “Deliver
everywhere” merupakan bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster iklan
ini. Dengan memiliki tujuan agar menjadi pusat dari iklan yang di tunjukan,dan
tipografi yang ditunjukan untuk memperjelas makna yang ingin di sampaikan di
dalam poster, sedangkan simbol lain yang muncul adalah adanya gambar pizza yang berbentuk pesawat
sebagai gambara pizza yang di pasarkan adalah Pizza, sedangkan bagian kota yang
di bagian bawah poster mengambarkan lingkungan dari, konsumen,dan lokasi
penjualan produk yang di iklankan.
4. Ilustrasi
Ilustrasi merupakan sebagai
media representasi visual daro sebuah naskah,baik itu dari cerita bentuk gagasan
ide ataupun naskah cetak untuk keperluan tertentu seperti mengajak dan membuat
orng semakin percaya dengan produk yang di iklankan. Visual yang terdapat pada
poster pizza Hut “deliver everywhere”
adalah produk itu sendiri yang di bentuk seperti pesawat kertas yang terdapat
ditengah yaitu pizza yang di jadikan ikon pada poster iklan tersebut. Yang
membuat kesaan makanan yang enak dan mudah untuk dinikmati dalam kondisi apapun
Kesimpulan
Hasil penelitian ini akan diuraikan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh
melalui proses membaca tanda-tanda yang terdapat di dalam poster iklan Pizza
Hut delivery everywhere ini. Pesan yang ditemukan dalam karya desain
komunikasi visual disosialisasikan kepada khalayak melalui tanda. secara
garis besar, dapat dilihat dari dua aspek, yaitu tanda verbal dan
tanda visual, tanda verbal adalah aspek bahasa, tema dan pengertian
yang didapatka.sedangkan tanda visual akan dilihat dari cara penggambaranya
apakah secara ikonis, indeksial, atau simbolis, dan bagai
manacara mengungkapkan indiom estetinya.
Tanda-tanda yang dilihat dan dibaca dari dua aspek secara terpisah, dan
kemudian diklasifikasikan dicari hubungan antara satu dengan yang
lainnya. kemudian mendeskripsikan kedalam suatu bentuk analisis yang
tersistematis. Penelitian ini mengacu pada identifikasi masalah penelitian
yang sebelumnya dirumuskan dengan menggunakan metode analisis semiotika yang merupakan
bagian dari metode analisis data dalam penelitian kualitatif.
-Poster iklan ini dideskripsikan terdapat Pizza yang di bentuk seperti pesawat
kertas yang dijadikan titik fokus poster ini, pemilihan warna merah pada
latar belakangnya di sini mampu merangsang indra fisik meningkatkan rasa nafsu
dan tindakan. Jika warna dihubungkan ke dalam dunia desain, bagus
atau tidaknya sebuah desain memang tergantung dari selera dan persepsi
masing-masing orang yang melihat. Namun yang pertama kali ditangkap oleh
mata manusia selain bentuk adalah warna. Pemilihan warna yang tepat dan
apabila digunakan mencakup tone dan maknanya yang sangat mempengaruhi penilaian
dan reaksi audience.
Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sehingga dapat dikenali oleh
pembelinya. Prepsi manusia berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan
ikon ini,ikon untuk ilustrasi pada poster iklam ini menampilkan pizza yang
berbentuk pesawat dengan topping keju dan pepperoni yang dijadikan sebagai
titik fokus pada poster.Yang mengambarkan betapa banyaknya cita rasa yang dalam
satu pizza.
Indeks adalah tanda yang berkaitan dengan hal hal kasual mewakili sumber acuan
dengan cara mengkaitkan secara implisit dan eksplisit .indeks warna pada
poster iklan yang ini tidak terlihat. indeks ilustrasi pada sampul ini
adalah pizza yang pada poster pizza hut yang memiliki bakian kosong yang cukup
banyak agar terpudi sisi kanan dan kiri sat di tengah poster dan menyusun
secara vertical sejajar dengan bentuk pizza dan tipografi pada iklan yang
betuliskan «Deliver Everywhere» dan di bawahnya diberi logo pizza hut agar yabg
melihat mengetahui produser pizza yang diiklankan.
Simbol adalah sebuah tanda , atau sebuah kata , yang sering
digunakan untuk saling mengenali dandengan arti yang sangat mudah dipahami. Simbol
yang muncul adalah yang terkait dengan tulisan «Deliver everywhere» merupakan
bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster iklan ini.Ilustrasi
merupakan sebagai media representasi visual daro sebuah naskah,baik itu dari
cerita bentuk gagasan ide ataupun naskah cetak untuk keperluan tertentu seperti
mengajak dan membuat orng semakin percaya dengan produk yang di iklankan.
Daftar Pustaka
https://hot.liputan6.com/read/4486225/poster-makanan-tips-mendesain-dan-membuatnya-secara-online
http://lib.unnes.ac.id/19513/1/2450408003.pdf
https://www.referenceforbusiness.com/history2/23/Pizza-Hut-Inc.html#ixzz7YEcsxhiP
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/12078/5/BAB%20II.pdf
Komentar
Posting Komentar