ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL PADA POSTER IKLAN “PIZZA HUT”

 

Progam Studi desain Komunikasi Visual,

Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta PGRI

JL.Nangka 58 C Tanjung Barat, Jakarta Selatan, 12530, Indonesia

Artybintang7@gmail.com

 

Abstrak

            Penelitian ini di dasarkan pada poster iklan Pizza Hut Delivery Everywhere,pizza hut merupakan suatu brand Pizza yang berasal dari Amerika. Dalam sebuah poster sendiri terdapat bahasa visual yang mengandung makna di setiap unsur-unsur grafisnya, inilah yang nantinya akan dianalisis. Komunikasi visual mempunyai signifikansi dalam menyampaikan sebuah konsep, isi atau makna Komunikasi visual terutama iklan harus dibuat secara multi aspek dan multidimensi untuk mendapatkan perhatian dan respons positif dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis prinsip dasar, unsur visual, serta makna yang terkandung dalam iklan Pizza Hut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotik. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan hasil penelitian dan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data. Kemumdian peneliti menggunakan teori semiotika milik Ferdinand De Sausseure untuk menganalisis satu per satu unsur grafis yang ada pada iklan poster Pizza Hut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna iklan sesungguhnya dalam iklan Teh Pucuk Harum ini yaitu menumbuhkan rasa alami dan mengembalikan kesegaran diri setelah mengkonsumsi Pizza Hut.

Kata Kunci: Semiotik, De Sausseure, Iklan Poster Pizza Hut Delivery Everywhere

 

Abstract

            This research is based on the Pizza Hut Delivery Everywhere advertising poster, pizza hut is a pizza brand originating from America. In a poster itself there is a visual language that contains meaning in every graphic element, this is what will be analyzed later. Visual communication has significance in conveying a concept, content or meaning. Visual communication, especially advertising, must be made in multi-aspect and multidimensional ways to get attention and a positive response from the public. The purpose of this study was to analyze the basic principles, visual elements, and meanings contained in the Pizza Hut advertisement. The method used is descriptive qualitative with semiotic analysis approach. The study used qualitative methods to explain the research results and qualitative approaches to collect data. Then the researcher used Ferdinand De Sausseure's semiotic theory to analyze one by one the graphic elements in the Pizza Hut poster ad. The results showed that the real meaning of the advertisement in the Teh Pucuk Harum advertisement was to cultivate a natural taste and restore freshness after consuming Pizza Hut.

Keywords: Semiotics, De Sausseure, Pizza Hut Delivery Everywhere Poster Advertising

 

 

Pendahuluan

            Media adalah sarana yang membantu komunikator dalam menyampaikan informasi secara efektif dan efesien. Media berarti segala macam alat perantara yang dapat digunakan komunikator dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada komunikan. Pada saat ini, berbagai macam media yang sudah banyak diketahui salah satunya media iklan poster memiliki maksud pesan apa yang ingin disampaikan. Walaupun tidak secara keseluruhan pesan yang disampaikan tertulis semua. Dalam iklan poster biasanya menampilkan unsur grafis visual untuk mendukung iklan pesan tersebut, agar menjadikan pesan tersebut melekat di benak para audience. Ini merupakan strategi promosi yang dilakukan dari berbagai perusahaan dalam membuat promosi. Dalam mendukung strategi perusahan pada iklan poster biasanya penggunaan elemen visual dan penggunaan teks lah sebagai pendukung pesan. Media berasal dari kata latin “medium” (tunggal) “media” (jamak) yang secara harfiah berarti: pertengahan, tengah, pusat (K. Prent, 1969, p. 525). Dengan demikian menyebut “media” sudah berarti jamak, tidak perlu media-media. Media promosi pada zaman sekarang sudah banyak mengalami kemajuan yang signifikan hingga bermacam-macam jenisnya dan perubahan gaya elemen visual yang digunakan, dengan mengikuti zaman agar tidak tertinggal informasi dan data yang dijangkau mudah oleh para konsumen. Karena itu media haruslah dapat mudah dijangkau serta instan terkoneksi, agar memudahkan para khalayak memberikan respons langsung dan juga agar dapat diingat dalam benak konsumen jika iklan tersebut menarik perhatian.

            Pizza Hut Inc. adalah perusahaan restoran pizza terbesar di dunia baik dari segi jumlah gerai maupun persentase pangsa pasar yang dimilikinya. Anak perusahaan PepsiCo, Inc., perusahaan ini mengawasi lebih dari 11.000 restoran pizza dan gerai pengiriman di 90 negara di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 1997, perusahaan diharapkan menjadi anak perusahaan dari Tricon Global Restaurants, Inc., yang dibentuk dari spin-off kepemilikan restoran PepsiCo. Pizza Hut didirikan pada tahun 1958 oleh saudara Dan dan Frank Carney di kampung halaman mereka di Wichita, Kansas. Ketika seorang teman menyarankan untuk membuka kedai pizza--yang jarang terjadi--mereka setuju bahwa ide itu terbukti berhasil, dan mereka meminjam $600 dari ibu mereka untuk memulai bisnis dengan mitra John Bender. Menyewa sebuah bangunan kecil di 503 South Bluff di pusat kota Wichita dan membeli peralatan bekas untuk membuat pizza, Carneys and Bender membuka restoran Pizza Hut pertama; pada malam pembukaan, mereka membagikan pizza untuk mendorong minat masyarakat. Setahun kemudian, pada tahun 1959, Pizza Hut didirikan di Kansas, dan Dick Hassur membuka unit waralaba pertama di Topeka, Kansas.

            Pada awal 1960-an Pizza Hut tumbuh dengan kekuatan pemasaran yang agresif dari ide restoran pizza. Pada tahun 1962, saudara-saudara Carney membeli bunga yang dipegang oleh Bender, dan Robert Chisholm bergabung dengan perusahaan sebagai bendahara. Pada tahun 1966, ketika jumlah unit waralaba Pizza Hut telah berkembang menjadi 145, sebuah kantor pusat didirikan untuk mengoordinasikan bisnis dari Wichita.

            Dua tahun kemudian, waralaba Pizza Hut pertama dibuka di Kanada. Hal ini diikuti dengan pembentukan International Pizza Hut Franchise Holders Association (IPHFHA). Ini bertujuan untuk mengakuisisi 40 persen dari operasi waralaba perusahaan, atau 120 toko, dan menambahkannya ke enam gerai yang sepenuhnya dimiliki oleh Pizza Hut.

            Dalam kasus ini, media ini sangat efektif dan produktif untuk menyebarkan promosi tentang memperkenalkan produk yang ingin disampaikan, dengan pemilihan poster ini juga mudah di akses di ruang publik serta juga di berbagai media sosial, karena data disajikan dengan kata-kata yang singkat dan padat namun jelas arti nya bertujuan menciptakan respons yang cepat kepada konsumen. Oleh karena itu penulis tertarik membahas mengenai iklan poster ini dengan penelitian ditinjau secara semiotika. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda di dalam kehidupan manusia dengan membaca tanda-tanda tersebut. Analisis semiotik berupaya menemukan makna tanda termasuk hal-hal yang tersembunyi di balik sebuah tanda (teks, iklan, berita). Karena sistem tanda sifatnya amat kontekstual dan bergantung pada pengguna tanda tersebut. Pemikiran pengguna tanda merupakan hasil pengaruh dari berbagai konstruksi sosial di mana pengguna tanda tersebut berada (Kriyantono, 2006, p. 262). Berdasarkan penjelasan di atas, perlu ada analisis akan desain ilustrasi, dari unsur tersebut bagaimana cara menciptakan strategi promosi agar meningkatkan visibilitas yang diperhitungkan perusahaan dan konsumen. Adapun tujuan penulis memilih media poster ini karena strategi ini begitu populer dalam menjalankan promosi dari tiap-tiap perusahaan berbagai macam industri, dibalik itu ada keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan sejenis lainnya.

 

Metode Penelitian

Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Metode deskriptif yaitu mencari deskripsi yang tepat dan cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati dan menganalisis iklan poster dari salah satu Restoran Pizza Hut agar mengetahui arti dibalik gambar dan kata atau kalimat pendukung dalam iklan ini, kegunaan agar memudahkan memberikan gambaran dalam poster ini. Analisis yang dihasilkan berupa kata–kata tertulis dari poster yang diteliti, berisi data yang memberikan gambaran penyajian berdasarkan dari data yang diperoleh dari pengamatan iklan poster Pizza Hut, kemudian dari data tersebut dideskripsikan secara ilmiah.

 

Hasil dan Pembahasan

            Hasil penelitian ini akan diuraikan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui proses membaca tanda-tanda yang terdapat di dalam poster iklan Pizza Hut delivery everywhere  ini. Pesan yang ditemukan dalam karya desain komunikasi visual disosialisasikan kepada khalayak melalui tanda. secara garis besar, dapat dilihat dari dua aspek, yaitu tanda verbal dan tanda visual, tanda verbal adalah aspek bahasa, tema dan pengertian yang didapatka.sedangkan tanda visual akan dilihat dari cara penggambaranya apakah secara ikonis, indeksial, atau simbolis, dan bagai manacara mengungkapkan indiom estetinya.
            Tanda-tanda yang dilihat dan dibaca dari dua aspek secara terpisah, dan kemudian diklasifikasikan dicari hubungan antara satu dengan yang lainnya. kemudian mendeskripsikan kedalam suatu bentuk analisis yang tersistematis. Penelitian ini mengacu pada identifikasi masalah penelitian yang sebelumnya dirumuskan dengan menggunakan metode analisis semiotika yang merupakan bagian dari metode analisis data dalam penelitian kualitatif. Analisis ini memfokuskan penelitian pada tanda-tanda yang ada dalam poster majalah iklan Teh Pucuk Harum dengan menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussuere.

 

            Pada pembahasan kali ini menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce berdasarkan klasifikasi Object yang terdiri atas Icon (Ikon), Symbol (simbol), dan Index. Ikon, simbol, dan index pada poster iklan the pucuk harum akan ditinjau dari segi warna, ilustrasi, dan tipografi. Semiotika berasal dari bahasa Yunani ‘semeion’ yang berarti tanda. Jadi Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign), berfungsi sebuah tanda dan produksi makna.karena keberadaan desain komunikasi visual sangat lekat dengan kehidupan kita seharihari. Karena suatu desain merupakan representasi social budaya pada masyarakat. Berikut ini adalah klasifikasi poster iklan Pizza Hut:

 

Konsep Poster




Poster iklan ini dideskripsikan terdapat Pizza yang di bentuk seperti pesawat kertas yang dijadikan titik fokus poster ini, pemilihan warna merah pada latar belakangnya di sini mampu merangsang indra fisik meningkatkan rasa nafsu dan tindakan. Jika warna dihubungkan ke dalam dunia desain, bagus atau tidaknya sebuah desain memang tergantung dari selera dan persepsi masing-masing orang yang melihat. Namun yang pertama kali ditangkap oleh mata manusia selain bentuk adalah warna. Pemilihan warna yang tepat dan apabila digunakan mencakup tone dan maknanya yang sangat mempengaruhi penilaian dan reaksi audience. Pada desain dalam Pizza yang berbentuk pesawat kertas terdapat hiasan peperoni dan  menambahkan beberapa pencahayaan yang berbeda pada sekitar yang berada bagian pinggir poster yang  memberikan kesan bahwa pizza itu ini baru matang lebih nikmat dan cocok untuk di makan di acara dengan jumbah banyak , penggunaan konsep yang cukup minimalis dengan di balut logo dan tipografi yang cukup modern yang mengambarkan pizza dari pizza hut itu tidak ketinggalan zaman dan di belakang pizza ada gamban halus perkotaan yang menjelaskan banyak yang penikmat dari pizza hut orang dari perkotaan dan lokasi yang sering untuk pemasarannya di perkotaan.dan itu telah menunjukan betapa mengiurkannya pizza yang di tampilkan dalm konsep yang simpel dan memanjakan mata.

 

Hasil analisis Berdasarkan Klasifikasi Objek

 

 1.  Ikon

             Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sehingga dapat dikenali oleh pembelinya. Prepsi manusia berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan  ikon ini,ikon untuk ilustrasi pada poster iklam ini menampilkan pizza yang berbentuk pesawat dengan topping keju dan pepperoni yang dijadikan sebagai titik fokus pada poster.Yang mengambarkan betapa banyaknya cita rasa yang dalam satu pizza. Jika bentuk pesawat pada pizza yang menjelaskan betapa simpelnya penyajian tapi tidak mengurangi cita rasanya pa da pizza dan bisa diantara kemana saja dan bisa di nikmati denganmemiliki cita rasa tinggi dan berkualitas.dan diperjelas dengan kata “Deliver Everywhere”.

 

 2.  Indeks

            Indeks adalah tanda yang berkaitan dengan hal hal kasual mewakili sumber acuan dengan cara mengkaitkan secara implisit dan eksplisit .indeks  warna pada poster iklan yang ini tidak terlihat. indeks ilustrasi pada sampul ini adalah pizza yang pada poster pizza hut yang memiliki bakian kosong yang cukup banyak agar terpudi sisi kanan dan kiri sat di tengah poster dan menyusun  secara vertical sejajar dengan bentuk pizza dan tipografi pada iklan yang betuliskan “Deliver Everywhere” dan di bawahnya diberi logo pizza hut agar yabg melihat mengetahui produser pizza yang diiklankan.

 

3. Simbol

            Simbol adalah sebuah tanda , atau sebuah kata , yang sering digunakan untuk saling  mengenali dandengan arti yang sangat mudah dipahami. Simbol yang muncul adalah yang terkait dengan tulisan “Deliver everywhere” merupakan bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster iklan ini. Dengan memiliki tujuan agar menjadi pusat dari iklan yang di tunjukan,dan tipografi yang ditunjukan untuk memperjelas makna yang ingin di sampaikan di dalam poster, sedangkan simbol lain yang muncul adalah  adanya gambar pizza yang berbentuk pesawat sebagai gambara pizza yang di pasarkan adalah Pizza, sedangkan bagian kota yang di bagian bawah poster mengambarkan lingkungan dari, konsumen,dan lokasi penjualan produk yang di iklankan.


4. Ilustrasi

Ilustrasi merupakan sebagai media representasi visual daro sebuah naskah,baik itu dari cerita bentuk gagasan ide ataupun naskah cetak untuk keperluan tertentu seperti mengajak dan membuat orng semakin percaya dengan produk yang di iklankan. Visual yang terdapat pada poster pizza Hut “deliver everywhere” adalah produk itu sendiri yang di bentuk seperti pesawat kertas yang terdapat ditengah yaitu pizza yang di jadikan ikon pada poster iklan tersebut. Yang membuat kesaan makanan yang enak dan mudah untuk dinikmati dalam kondisi apapun

                          

Kesimpulan


Hasil penelitian ini akan diuraikan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh melalui proses membaca tanda-tanda yang terdapat di dalam poster iklan Pizza Hut delivery everywhere ini. Pesan yang ditemukan dalam karya desain komunikasi visual disosialisasikan kepada khalayak melalui tanda. secara garis besar, dapat dilihat dari dua aspek, yaitu tanda verbal dan tanda visual, tanda verbal adalah aspek bahasa, tema dan pengertian yang didapatka.sedangkan tanda visual akan dilihat dari cara penggambaranya apakah secara ikonis, indeksial, atau simbolis, dan bagai manacara mengungkapkan indiom estetinya.
Tanda-tanda yang dilihat dan dibaca dari dua aspek secara terpisah, dan kemudian diklasifikasikan dicari hubungan antara satu dengan yang lainnya. kemudian mendeskripsikan kedalam suatu bentuk analisis yang tersistematis. Penelitian ini mengacu pada identifikasi masalah penelitian yang sebelumnya dirumuskan dengan menggunakan metode analisis semiotika yang merupakan bagian dari metode analisis data dalam penelitian kualitatif.
-Poster iklan ini dideskripsikan terdapat Pizza yang di bentuk seperti pesawat kertas yang dijadikan titik fokus poster ini, pemilihan warna merah pada latar belakangnya di sini mampu merangsang indra fisik meningkatkan rasa nafsu dan tindakan. Jika warna dihubungkan ke dalam dunia desain, bagus atau tidaknya sebuah desain memang tergantung dari selera dan persepsi masing-masing orang yang melihat. Namun yang pertama kali ditangkap oleh mata manusia selain bentuk adalah warna. Pemilihan warna yang tepat dan apabila digunakan mencakup tone dan maknanya yang sangat mempengaruhi penilaian dan reaksi audience.
Ikon adalah tanda yang mengandung kemiripan rupa sehingga dapat dikenali oleh pembelinya. Prepsi manusia berpengaruh dalam penafsiran dan pembentukan ikon ini,ikon untuk ilustrasi pada poster iklam ini menampilkan pizza yang berbentuk pesawat dengan topping keju dan pepperoni yang dijadikan sebagai titik fokus pada poster.Yang mengambarkan betapa banyaknya cita rasa yang dalam satu pizza.
Indeks adalah tanda yang berkaitan dengan hal hal kasual mewakili sumber acuan dengan cara mengkaitkan secara implisit dan eksplisit .indeks warna pada poster iklan yang ini tidak terlihat. indeks ilustrasi pada sampul ini adalah pizza yang pada poster pizza hut yang memiliki bakian kosong yang cukup banyak agar terpudi sisi kanan dan kiri sat di tengah poster dan menyusun secara vertical sejajar dengan bentuk pizza dan tipografi pada iklan yang betuliskan «Deliver Everywhere» dan di bawahnya diberi logo pizza hut agar yabg melihat mengetahui produser pizza yang diiklankan.
Simbol adalah sebuah tanda , atau sebuah kata , yang sering digunakan untuk saling mengenali dandengan arti yang sangat mudah dipahami. Simbol yang muncul adalah yang terkait dengan tulisan «Deliver everywhere» merupakan bentuk penanda yang diberikan oleh desainer poster iklan ini.Ilustrasi merupakan sebagai media representasi visual daro sebuah naskah,baik itu dari cerita bentuk gagasan ide ataupun naskah cetak untuk keperluan tertentu seperti mengajak dan membuat orng semakin percaya dengan produk yang di iklankan.

 

Daftar Pustaka

https://hot.liputan6.com/read/4486225/poster-makanan-tips-mendesain-dan-membuatnya-secara-online

http://lib.unnes.ac.id/19513/1/2450408003.pdf  

https://www.referenceforbusiness.com/history2/23/Pizza-Hut-Inc.html#ixzz7YEcsxhiP    

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/12078/5/BAB%20II.pdf

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mereview penelitian kesenian dan desain

kajian selain kajian semiotika